Logo
images

Ilustrasi tenaga kerja asing (ist).

Usai Libur Imlek Ratusan Tenaga Kerja China Di Banten Diperiksa

FokusTangerang.com-Tidak ingin kecolongan dari tenaga kerja asing (TKA) Banten, yang telah usai libur perayaan imleknya. Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) melakukan pemeriksaan dan pendataan TKA di wilayah Banten. 

"Upaya awal kami untuk mencegah masuknya virus corona melalui Tka khususnya asal China. Sudah kami lakukan dengan memeriksa data TKA," kata Erwin Syafrudin, Plt Sekretaris Disnakertrans Banten.

Dari 600 jumlah TKA di Banten, lanjutnya, paling dominan jumlahnya berasal dari China. "Alhamdulillah masih aman. Setelah kami data TKA yang melakukan kunjungan keluar atau pulang keluar negeri maupun ke China, khususnya Wuhan tidak ada. Saat Imlek kemarin ternyata tidak ada TKA di Banten yang pergi atau keluar negeri," bebernya.

Lebih lanjut Erwin menuturkan kalaupun ada indikasi ke sana, pasti sudah dilakukan tindakan bersama dinas terkait lainnya. Dan pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pengawasan terhadap seluruh perusahaan yang mempekerjakan TKA di Banten. Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan dan keamanan para pekerja.

 "Sebanyak 79 pengawas disnakertrans akan melakukan pengawasan intensif dari bulan Februari sampai Mei," tukasnya.

 Salah satu TKA asal China, Apeng, yang bekerja di salah satu perusahaan besi di Banten mengaku saat moment imlek tahun ini tidak berani pulang ke China.

"Biasanya tiap imlek selalu pulang, tapi tahun sekarang tidak. Ada virus corona, kita takut tidak berani pulang," ungkap Apeng yang mengaku belum lancar bicara Indonesia ini. Dhy/Ir



Tinggalkan Komentar