Logo
images

Mall Bale Kota Tunggak Pajak Rp1,9 Milyar, Dewan Minta Pemkot Tegas

TANGERANG – Pajak adalah elemen penting dalam pembangunan. Namun, ada beberapa wajib pajak (WP) yang tidak patuh bahkan menunggak pajak hingga miliaran rupiah.

Hal ini mendapat sorotan keras dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sumber terpercaya, ada sejumlah WP besar yang hingga jatuh tempo 31 Agustus 2018 masih menunggak pajak. Salah satunya yaitu, Mall Bale Kota, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang, yang masih menunggak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada Pemkot Tangerang sebesar Rp1,9 miliar.

Wakil Ketua DPRD Tangerang, Dedi Chandra Wijaya meminta kepada Pemkot Tangerang, melalui dinas terkait agar lebih tegas kepada para penunggak pajak tersebut, apalagi jumlah pajaknya cukup besar, yaitu di atas satu miliar.

Hal ini lantaran, penghasilan pajak merupakan komponen utama dalam pembangunan di Kota Tangerang. “Ya pajak kan sudah jadi kewajiban pengusaha, jangan mau cari untungnya saja dong. Seharusnya para wajib pajak tidak perlu cari-cari alasan untuk menghindar,” Ujar politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Terpisah Kepala Sub Bidang Penagihan Dinas PBB Kota Tangerang, Lusman Palusi membenarkan bahwa hingga jatuh tempo per 31 Agustus 2018 lalu, tercatat ada empat WP besar yang masih menunggak pajak, salah satunya yaitu Mall Bale Kota.

“Ya setahu saya tahun lalu si bayar, tapi hingga jatuh tempo akhir Agustus 2018 ini, pihak Mall Bale Kota belum menyelesaikan kewajibannya,” Ujar Lusman saat ditemui di kantornya, Rabu (05/08/2018).

Sementara itu menurut Kepala Dinas PBB Kota Tangerang, Herman Suwarman, tingkat kepatuhan WP di Kota Tangerang, tergolong cukup tinggi, mencapai 80 persen dari total 359.993 WP yang tercatat.

Bahkan tingkat capaian penghasilan dari sektor PBB hingga saat ini tercatat, Rp361 miliar atau sudah mencapai angka 97 persen dari target yang dibebankan, sebesar Rp371 miliar.

“Kita optimis dapat mencapai target, bahkan lebih. Karena tahun lalu saja kita melampaui target , sekitar Rp20 miliaran,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada satupun pihak manajemen Mall Bale Kota yang bisa dikonfirmasi, begitupun ketika wartawan melakukan klarifikasi melalui pesan Whattsapp, Humas Mall Bale Kota, Adriansyah tidak membalasnya.  (feb)


TAG

Tinggalkan Komentar