Logo
images

Petugas PMI menyemprotkan disinfektan.

Cegah Penyakit Pascabanjir, PMI Tangerang Semprotkan Disinfektan

FokusTangerang.com-Banjir yang melanda Kota Tangerang dikhawatirkan menimbulkan beragam penyakit. Langkah pencegahan dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang dengan penyemprotan disinfektan di Perumahan Pondok Arum, Nambo Jaya, Karawaci, Jumat (10/1/2020).

Tifus, leptospirosis, hingga diare merupakan sejumlah penyakit yang berpotensi timbul pascabanjir. Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Tendi Yuliatno menerangkan, sejumlah penyakit itu timbul lantaran vektor pembawa seperti lalat, nyamuk, hingga tikus. Penyemprotan, sambungnya, dilakukan guna membasmi vektor tersebut.

"Bakteri-bakteri dan kuman yang dinawa itu yang kami cegah supaya tidak berkembang," imbuhnya.

Sebanyak 10 personel diterjunkan PMI dalam penyemprotan tersebut. Mereka dibagi dalam dua tim penyemprotan. Sedikitnya 100 rumah warga mendapatkan pelayanan tersebut.

Lebih lanjut, Tendi menerangkan, pelayanan ini dapat dilakukan atas permintaan warga. Pihaknya menargetkan sejumlah titik di Kota Tangerang mendapatkan penyemprotan dalam dua bulan ke depan.

"Ini tahap awal, nanti setelah spray mudah-mudahan bisa dilaksanakan di kecamatan lain juga, selanjutnya fogging. Rencananya di beberapa titik," imbuhnya.

Adapun titik di pemukiman yang disemprot adalah drainase dan bagian dalam rumah warga. Saat penyemprotan, nampak warga masih membenahi rumahnya yang terdampak banjir setinggi dua meter.(FAR/AIR)



Tinggalkan Komentar